Rapat Tim Auditor Mutu Internal FMIPA Unpatti

Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi merupakan kegiatan sistemik untuk meningkatkan mutu pendidikan tinggi secara berencana dan berkelanjutan. Penjaminan mutu sebagaimana dimaksud dilakukan melalui penetapan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan peningkatan standar pendidikan tinggi. Salah satu cara untuk mengevaluasi standar pendidikan tinggi adalah dengan melakukan Audit Mutu Internal (AMI). Secara khusus untuk Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Pattimura (FMIPA Unpatti), kegiatan Audit Mutu Internal dalam Fakultas dikoordinir oleh Gugus Jaminan Mutu (GJM) di bawah Wakil Dekan Bidang Akdemik.

Untuk memperlancar proses AMI, maka GJM di bawah Wakil Dekan Bidang Akademik, melakukan koordinasi dengan Tim Auditor Mutu Internal FMIPA Unpatti. Rapat koordinasi ini berlangsung pada Selasa, 15 Februari 2022. Rapat ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FMIPA Unpatti (Dr. H. J. Wattimanela, S.Si., M.Si), Ketua GJM FMIPA Unpatti (Dr. H. Batkunde, S.Si., M.Si), Sekretaris GJM FMIPA (S. N. Joris, S.Si., M.Si), dan perwakilan Auditor Mutu Internal (Dr. P. Riupassa, S.Si., M.Si, dan M. S. N. van Delsen, S.SI., M.Si). Rapat berlangsung dengan membahas persiapan proses AMI dan hal teknis yang akan dilakukan saat proses AMI berjalan.  AMI FMIPA Unpatti direncanakan dilakukan pada Senin, 21 Februari 2022. Program studi dalam Lingkup FMIPA akan diaudit oleh para auditor yang telah ditunjuk. Lima program studi yang akan diaudit adalah program studi Matematika, Biologi, Kimia, Fisika, dan Statistika.

Audit Muti Unternal FMIPA Unpatti menjadi hal penting yang dilakukan karena proses evaluasi ini diharapkan dapat memberi masukan untuk meningkatkan mutu kerja dan pelayanan FMIPA Unpatti. Auditor yang ditugaskan pada tiap prodi bersifat independen terhadap masing-masing prodi yang diedit, sehingga diharapkan dapat memberikan proses evaluasi yang baik, sekaligus masukan yang baik bagi perkembangan tiap prodi dalam lingkup FMIPA Unpatti. Hasil AMI ini akan diteruskan kepada Pimpinan Fakultas untuk kemudian ditindaklanjuti.